Selasa, 23 Oktober 2012

LATAR BELAKANG

Latar Belakang Masalah

Indonesia sudah lebih 30 tahun memikirkan rakyat miskin melalui pembinaan usaha kecil. Bahkan saat ini sudah membina pengusaha mikro. Tapi ujungnya, dalam bentuk kesejahteraan rakyat miskin tak kunjung datang. Ada apa dengan Indonesia.

Coba lihat kebijakan yang dijalankan pemerintah Indonesia dalam menanggulangi rakyat miskin. Pemerintah tidak memberdayakan rakyat miskin dalam pembinaan yang produktif tetapi mengimimg imingnya dengan bantuan tunai langsung (BTL) yang sifatnya konsumtif. Rakyat miskin tidak dibina kekuatannya tetapi disuruh tidur dengan mengiming imingnya dengan pemberian uang.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarief Hasan mengatakan akses kemudahan memperoleh kredit merupakan kendala utama bagi UKM. Pengusaha kecil justru tak mempermasalahkan tingginya bunga KUR.
"Bunga bukan prioritas bagi UKM," ujar Hasan di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu 3 Oktober 2012.
Saat ini bunga KUR masih dikisaran 22 persen untuk sektor mikro, dan 13 persen untuk non mikro. Penyaluran kredit KUR cukup efektif, terbukti rendahnya kredit bermasalah yaitu di bawah 2 persen.

Penyaluran KUR saat ini mencapai Rp23 triliun. Sementara target tahun ini Rp30 triliun. "Sudah mendekati target penyaluran kredit 2012," ujarnya.
Menurutnya sejak diluncurkan 2007, penyaluran KUR terus meningkat setiap tahunnya. Program KUR  merupakan program inisiatif pemerintah untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Sejak disalurkan, penyaluran KUR diperkirakan mencapai Rp85 triliun.
"Awalnya akses UKM untuk mendapatkan kredit perbankan masih sulit," ujarnya.

Sekedar informasi, sejumlah bank pelaksana program KUR  antara lain, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Bukopin Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank BNI Syariah, dan 26 Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Sumber :
http://jurnalukm.wordpress.com
http://www.bisnisaceh.com/keuangan/menkop-bunga-kur-tinggi-tak-masalah-bagi-ukm/index.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar